Rabu, 31 Oktober 2012

Sebuah Pelajaran



Mungkin ada beberapa hal yang sering terjadi begitu saja namun kita sudah merasakan sebuah firasat sebelum hal tersebut kejadian atau bisa jadi hal itu terjadi dikarenakan sebuah teguran dari sang pencipta akibat kita mengabaikan perintah-Nya karena terlalu asyik dengan hiburan yang disuguhkan oleh dunia. Gue baru aja ngalamin sebuah kejadian yah bisa dibilang ini adalah sebuah musibah yang baru pertama kali gue alamin. Bikin nyesek nggak, Bay? Yap lebih nyesek ketimbang diputusin sama pacar dan yang lebih pentingnya gue bener-bener ngerasa bersalah karena gue nggak bisa jagain barang yang udah diamanahkan ke gue buat dimanfaatin sebaik-baiknya.

Gue punya niatan buat dateng ke sebuah event perayaan ulang tahun sebuah tabloid
ternama dimana isi acaranya ngebuat gue excited. Apalagi salah satu pengisi acaranya itu band favorit gue, yaudah deh gue ngumpulin semangat buat nikmatin musik mereka nanti dan berharap bisa sing along together sampe selesai. Acaranya sabtu dan paginya gue harus UTS dulu  yang hari itu mata kuliahnya adalah PKn, pas liat lembar pertama gue santai, liat lembar kedua lebih santai dan sampe lembar terakhir pun masih woles. Bengonglah gue disitu lama sampe menjelang waktu mau abis, gue baru ngerjain dan itu sangat memacu adrenaline loh, kawan! *jangan ditiru* udahlah lanjut aja padahal yang diisi itu berdasarkan logika gue semua, gue pasrah. Setelah disiksa dan dicambuk oleh soal yang tidak berprikesoalan, gue sama teman-teman yang lain pun langsung cabut ke stasiun buat ngejar kereta tujuan jakarta.

Sampai di Stasiun Sudirman, beberapa teman wanita bilang, “Eh, gue shalat dulu yah kalian mau kan nunggu sebentar?” Lalu yang lainnya pun mengiyakan termasuk gue. Dalam hati gue bilang, “Shalat dulu deh biar tenang.” Tapi ternyata mushollanya kecil dan yang mau shalat itu harus bergantian, ngantri lah istilahnya, hati gue pun bilang lagi, “Nanti aja deh pas di acara shalatnya.” Alhasil gue malah pergi ke supermarket sebelah dan beli makanan buat disantap. Udah selesai semuanya gue sama yang laen langsung nyari kendaraan buat menuju ke tempat event tersebut, nggak nyangka aja dan emang baru pertama kalinya nyarter Kopaja meeenn! Emang sih gue dan yang laen udah kayak rombongan yang mau piknik ke tempat rekreasi jadi yah berangkatlah dan kebetulan juga supir sama keneknya yang nawarin langsung ke kita.

Begitu tiba, gue langsung mesen tiket terus ngisi kupon doorprize dulu sebelum masuk yah siapa tau pucuk dicinta ulam pun tiba, gue dapet hadiah utamanya hehehe. Pas udah lewatin penjaga gerbang, sayup-sayup terdengar suara, “Heavyyy rotatiooonn!!” O-em-ji! Gue langsung lari aja kayak badak kesurupan ke main stage, ternyata udah rame abis dan nggak bisa nerobos ke depan biar bisa liat lebih dekat, pasrah deh nonton dari belakang yang kalo kita ngeliat ke panggung udah kayak ngeliat anak-anak TK lagi gangnam style. Gue lupa sama niatan mau shalat di tempat acara padahal disitu ada musholla buatan dari tenda yang disediain sama pihak panitia, gue terlalu asyik sama hiburan semata ini sampai ashar, maghrib, isya dilewatin bahkan waktunya maghrib gue malah standby di depan main stage biar kebagian tempat buat ngeliat band favorit gue itu main

Menjelang jam 7, sebelum band favorit gue main, panggung diisi oleh band yang dulunya indie sekarang udah masuk label. Pas band ini lagi tampil, entah kesurupan jin darimana tiba-tiba orang-orang samping gue mendadak moshing! Gue dan teman cowok yang lainnya berusaha buat ngelingkarin anak-anak ceweknya biar nggak kedorong-dorong dan jatuh, sampai gue kesel terus gue bertingkah kayak kebo ngamuk seruduk sana, seruduk sini biar mereka pada nyingkir gitu dan itu lumayan berhasil.

Gue ngambil gelang yang jatuh pas gue bertingkah kayak kebo ngamuk tadi dan pas gue mau masukkin tuh gelang ke kantong celana, gue kaget dan panik, hape android gue nggak ada!! Gue langsung teriak ke teman-teman lalu beberapa orang di sekitar gue ikut bantuin nyari dengan nyenterin ke bawah, siapa tau tuh hape jatuh kan dan ternyata hasilnya nihil. Salah satu teman gue mencoba nelpon hape gue itu dan berharap hape itu bunyi dan bisa ditemuin, pas ditelpon diangkat emang tapi nggak ada jawaban terus langsung mati, dari situ gue baru sadar hape gue nggak jatuh tapi dicopet. Beberapa menit menjelang band favorit gue main, gue bareng teman gue keluar dari kerumunan penonton menuju ke tempat pihak keamanan berada, perasaan gue disitu udah bener-bener bingung dan nggak tahu lagi harus gimana sambil setengah berharap hape itu bisa ditemuin. Disitu gue lapor kalo gue udah resmi jadi korban copet dan pihak keamanan tersebut justru malah bikin gue semakin hopeless walaupun dia sempet ngasitau ke MC yang lagi cuap-cuap diatas panggung biar diumumin ke yang nonton, tetep aja nggak berimbas apa-apa, gue pasrah dan bingung.

Band favorit gue akhirnya tampil, semua orang termasuk teman-teman gue sangat menikmati atmosfernya pada saat itu, sedangkan gue? Gue yang tadinya semangat dan ngebet banget langsung jadi nggak selera dan nggak nafsu buat gerakkin badan sambil sing along together, rasanya lemes dan setelah band tersebut selesai tampil, gue pun pulang. Semangat gue yang tadinya ada buat nikmatin acaranya justru hilang dalam sekejap setelah kejadian yang nggak ngenakin itu terjadi. Sampai di rumah, gue langsung jelasin apa yang baru aja gue alamin ke ortu dan disitu gue dinasehatin biar nggak lalai kalo di tempat ramai, mereka emang nggak marah tapi gue tau mereka pasti kecewa, gue nggak bisa jagain barang yang udah mereka beli dengan susah payah yang semata-mata cuma buat nyenengin anaknya.

Seketika gue sadar, ini teguran dari Allah karena gue mengabaikan perintah shalat yang biasanya selalu gue jalanin dan nggak pernah gue tinggalin setiap waktunya. Gue terlalu terbawa suasana oleh hiburan dunia yang hanya nikmat sebentar ini, gue udah lalai. Ortu emang nggak ngomel tapi Allah ngomel dengan sebuah peringatan melalui kejadian tersebut karena gue udah keterlaluan. Apapun yang menjadi kepunyaan kita itu hanya titipan dan suatu saat akan diambil kembali, kita hanya diamanahkan untuk menjaga dan memanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Yah, mungkin hape itu bukan rezekinya gue, lagian itu cuma titipan yang suatu saat bisa diambil melalui sebuah perantara, gue ikhlas dan percaya pasti akan diganti dengan yang lebih baik.

      Gue seneng Allah negur gue dengan cara seperti ini, sehingga gue bisa sadar lalu mengambil hikmah dari kejadian tersebut. Teguran dari-Nya bisa terjadi kapan saja dan melalui perantara apapun jika kita tidak mematuhi serta menjalankan setiap kewajibannya. Gue nyeritain ini nggak ada maksud apa-apa, cuma mau berbagi cerita aja siapa tau berguna dan bisa ngambil sebuah pelajaran dari kasus gue ini. :)

2 komentar: